MERUGILAH BILA ANDA ABAIKAN !!INI DIA TIPS PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN PADA RUMAH TANGGA!

Musibah datang tanpa terduga. Tidak ada yang mengharapkan musibah datang, namun terkadang musibah ini tak dapat dihindarkan. Memberikan pertolongan pertama merupakan yang terbaik yang bisa kita lakukan. Kali saat ini mari kita membahas tentang Tips Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Rumah Tangga

Oh ya, Kecelakaan dirumah tanggadapat kita kelompokan jadi 2 kelompok besar

- Murni kecelakaan (trauma fisik, panas, kimia, dan lain-lain)
- Kedaruratan medik (biasanya karena penyakit yang diderita seperti kejang, tak sadar, ngamuk, dsb).

Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Rumah Tangga 

beberapa peristiwa musibah ini seringkali kita jumpai di rumah tangga :

Memar 

Memar diakibatkan benturan dengan benda keras. Seperti terbentur kursi atau tembok. Kita dapat melihat timbulnya benjolan di bagian yang terantuk, ada yang disertai dengan wama kebiruan (bisa nampak esok hari). Benjol serta kebiruan terjadi karena pembuluh darah di bagian yang terserang benturan pecah serta darah masuk kejaringan sekitarnya.

Cara mengatasinya adalah bila luka tak ada maka langsung dikompres dingin di bagian yang terbentur. untuk mencegah bertambah banyak darah yang merembes ke jaringan, mengurangi udema (pembengkakan).

Pada hari berikutnya silakan dilihat lagi keadaan pembengkakan menyusut atau tak. Pada periode ini ditujukan untuk mengurangi/menghilangkan pembengkakan.

Cara yang digunakan dengan memberikan kompres panas selama 3-5 menit, untuk memperlebar pembutuh darah setempat, kemudian dikompres dingin selama 1-2 menit. Hal semacam ini dilakukan 4 – 5 kali sehari sampai bengkak menghilang, waktu lakukan kompres panas suhu panas jangan sempat menyebabkan luka bakar. Kompres panas bisa memakai air panas dalam kantong atau dengan obat pemanas kulit (salep/krim/balsam). Penggunaan obat yang ditempatkan pada kulit perlu diperhatikan efeknya.

memar yang berlangsung di sekitar mata, misalnya karena terserang tinju.
Cara melakukannya sama yaitu dalam 24 jam pertama diberikan kompres dingin, setelah itu kompres panas dingin bertukar-ganti.

Laserasi atau Luka Parut 

luka parut ini berlangsung karena benda keras yang merusak permukaan kulit, seperti jatuh saat berlari. Permukaan kulit yang rusak menyebabkan terjadi perdarahan. Banyak perdarahan tergantung dari tempat luka, dalam serta luas luka.
untuk mengatasi luka parut caranya yaitu apabila ada perdarahan dihentikan dulu dengan menekan sisi yang mengeluarkan darah dengan kasa steril atau kain bersih. cuci serta bersihkan sekitar luka dengan air serta sabun.

Luka dibersihkan dengan kasa. Janganlah lupa untuk memerhatikan luka, bila didapati benda asing (kerikil, kayu, atau benda lain) jadi harus dikeluarkan. Bila nyatanya luka terlalu dalam, rujuk ke rumah sakit. Setelah bersihbisa diberikan anti-infeksi lokal seperti povidon iodine atau kasa anti-infeksi.

Terpotong atau Teriris 

terjadi karena benda tajam, bentuk lukanya teratur serta dalam, perdarahan cukup banyak, terlebih bila ada pembuluh darah arteri yang putus terpotong.

cara pertama untuk mengatasinya yakni dengan mengatasi pendarahan terlebih dulu. lakukan dengan menekan bagian yang mengeluarkan darah dengan menggunakan kasa steril atau kain yang bersih.

Bila pembuluh nadi ada turut terpotong, serta cukup besar, jadi lakukan pembalutan torniquet, yaitu dengan menempatkan tali/ikat pinggang/saputangan di bagian antara luka serta jantung dengan cara melingkar, lalu dengan memakai sepotong kayu/ballpoint tali/ikat pinggang/saputangan tadi diputar hingga lilitannya benar-benar kencang.

Pembebatan torniquet dilakukan pada lengan atas atau paha. Pembebatan di tempat lain akan tidak efektif. Pada luka yang teriris dioles anti infeksi lalu ditutup kasa steril.

Luka Bakar 


luka bakar dapat disebabkan oleh api, tersiram air panas, atau minyak panas, hingga kuah masakan yang panas.

Luka bakar dapat dibedakan lagi yaitu luka bakar kering biasanya karena api, sengatan listrik, logam panas ; luka bakar karena cairan panas, air mendidih, uap panas, minyak panas, dan lain-lain ; luka bakar karena zat kimia, asam pekat, alkali pekat, dan lain-lain.

berikut Tanda-tanda keparahan luka bakar sesuai tingkat,

* luka bakar ringan tandanya rasa panas serta nyeri, kemerah-merahan di bagian yang terserang panas, kadang-kadang ada pembengkakan.

*Luka bakar sedang yaitu mempunyai cirri bagian yang terkena lebih dalam dari permukaan kulit, rasa panas serta nyeri lebih hebat, selain kemerahan juga muncul gelembung yang berisi cairan.

*Luka bakar berat cirinya jaringan yang terkena lebih dalam hingga jaringan dibawah kulit, terlihat ada jaringan yang mati (kehitaman). Hal yang butuh diperhatikan selain kedalaman luka bakar juga luas permukaan kulit yang terkena trauma panas.

cara pertolongan pertama pada luka bakar tergantung pada tingkat keparahannya.

Luka bakar ringan 

luka bakar dengan Derajat ringan jika luas kurang dari 50% atau derajat tengah dengan dengan luas kurang dari 15 % atau derajat berat kurang dari 2%.

Bagian yang terserang panas dikompres dengan air dingin atau dialiri air dingin. Bila terlampau luas jadi sebaiknya segera rujuk kerumah sakit. Untuk Sisi yang melepuh harap janganlah dipecah, tetapi ditutupi. Sangatlah Tak disarankan mengolesi luka bakar dengan odol/kamfer, situasi ini jadi dapat memperberat keadaan luka bakar serta akan menambah penderitaan, karena waktu membersihkan bakal merasa sakit.

Luka Bakar Sedang. 

Derajat enteng dengan luas lebih dari 50%, derajat tengah dengan luasc15-30%, atau derajat berat dengan luas lebih dari 2 % jadi butuh segera dirujuk ke rumah sakit dengan menutupi sisi yang terkena panas.

Luka bakar berat. 

Lebih parah serta lebih luas dari keadaan luka bakar sedang, jadi cepatlah rujuk ke rumah sakit untuk penanganan yang lebih baik.

Yang harus di perhatikan pada korban luka bakar yakni kehilangan cairan badan (dehidrasi), lantaran permukaan kulit yang rusak, infeksi, cacat badan lantaran ada jaringan parut disebabkan luka bakar (kontraktur). Untuk luka bakar lantaran zat kimia butuh penanganan spesial, secara umum luka bakar dialiri air dingin lebih lama (20 – 30 menit), tutup dengan kain halus, serta rujuk ke rumah sakit.

Terkilir, Lepas Sendi, serta Patah Tulang 

bila ada angggota keluarga yang terkilir, hal pertama yang dilakukan yaitu mengkompres dingin supaya mengurangi pembengkakan sendi, lalu lakukan pembalutan ketat dua lapis untuk kurangi rasa nyeri serta pembengkakan. Istirahatkan hingga bengkaknya hilang. Lepas sendi (luxasio) sering berlangsung pada usia lanjut, terutama sendi mandibula.

Penanganan terlepas sendi baiknya dilakukan dirumah sakit oleh pakar ortopedi untuk mengembalikan sendi ke posisi normal.

Mimisan atau Perdarahan Hidung. 

mimisan dapat berlangsung karena dikorek-korek atau karena hal lain (demam). Untuk mengatasinya yang paling gampang adalah dengan mendudukkan anak agak menunduk, cuping hidung kanan kiri dipencet berbarengan, serta bernapas melalui mulut. Tunggu hingga 10 menit.

Jika darah masih tetap keluar, segera rujuk ke rumah sakit. Mimisan dapat juga diobati lewat cara tradisional memakai daun sirih, karena dapat menolong menghentikan perdarahan karena daun sirih mengandung zat yang menyempitkan pembuluh darah.

Pingsan (syncope) 

pingsan yaitu di mana keadaan seseorang kehilangan kesadarannya, dapat karena sebab keadaan fisik maupun mental tak baik.

cara menanganinya yaitu sebelum bertindak perhatikan pernapasannya. Bila korban masih tetap bernapas jadi selekasnya baringkan dengan posisi kepala lebih rendah dari dada serta kaki, baju yang kencang dilonggarkan. Tubuh dihangatkan.

Pingsan disebabkan kejiwaan lebih susah ditangani karena biasanya dibarengi kejang (contoh dalam situasi histeris). Apabila tak bernapas, raba nadinya, apabila tidak teraba, kerjakan resusitasi jantung paru. Bila tidak bisa segera rujuk ke rumah sakit

Gigitan hewan, Sengatan Serangga serta Toksin dari Tumbuh-tumbuhan. 

gigitan/sengatan dari hewan maupun tumbuhan seeperti hewan lebah, tungau, pinjal, nyamuk, kaki seribu, kelabang, hingga ular, anjing. Dapat terlihat ada perlukaan pada kulit serta ada tanda peradangan (merah bengkak, sakit/nyeri). Pada keadaan yang lebih jelek bisa terjadi kekakuan/kelumpuhan sisi yang terluka.

Spesial pada gigitan ular yang beracun ada dua lubang sisa masuknya taring ular berbisa.


Cara mengatasi gigitan hewan (anjing, kucing, kera) korban ditenangkan luka dicuci dengan air bersih serta sabun, beri antiseptik balut, serta rujuk ke rumah sakit. Apabila ada perdarahan hentikan perdarahan dengan cara seperti luka potong atau luka sayat.

apabila luka karena sengatan serangga, segera terlepas serangga dari tempat gigitannya, dengan memakai minyak pelumas, atau terpentin atau minyak cat kuku. Sesudah terlepas (kepala serta tubuh serangga) luka dibersihkan dengan sabun serta diolesi calamine atau cream antihistamin.

Bila tersengat lebah, ambillah sengatnya dengan jarum halus, bersihkan serta berikan cream antihistamin atau kompres es bagian yang tersengat. Apabila menunjukkan ada tanda-tanda membahayakan, seperti kepala berputar-putar, mual-muntah, pucat apalagi hingga sesak napas, segera rujuk ke rumah sakit.

untuk mengatasi gigitan ular beracun lakukan dengan torniquet pada sisa gigitan dengan jantung. istirahatkan bagian yang tergigit, lalu Rujuk secepat mungkin ke rumah sakit. Janganlah sekali-kali lakukan sayatan silang atau menghisap darah dari luka sayatan itu, karena sangatlah membahayakan diri untuk yang menghisap darah, akan menimbulkan luka infeksi pada korban.

itulah tadi sebagian info kesehatan perihal Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Rumah Tangga, Mudah-mudahan info ini dapat bermanfaat buat kita semua
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment