Penting Untuk Diketahui !!Ala Buatan Sendiri ,Sereh Sebagai Minyak Pengusir Nyamuk, Gampang kok ?Ini Cara Membuatnya

Punya tanaman itu menyenangkan. Terlebih bila tumbuh subur serta bermanfaat tidak hanya untuk penanamnya, namun juga beberapa orang disekelilingnya. Itu yang saya rasakan.
Terdapat banyak tanaman yang bisa diklasifikasikan juga sebagai tanaman obat yang saya tanam di halaman saya. Ada yang di dalam pot, polibag, atau di tanahnya segera. Mulai dari bumbu dapur seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas, salam, daun jeruk, serta sereh. Di luar itu berbentuk tanaman buah dan tanaman hias.

Salah satu tanaman yang tumbuh subur di halaman yaitu sereh. Tanaman yang awal mulanya hanya sebagian rumpun itu, saat ini telah membiak subur. Batangnya besar-besar serta gemuk. Walau hampir setiap hari saya ambillah untuk dijadikan pelengkap masak, sereh itu semakin subur saja. Karena itu, saya mau memanfaatkan sereh yang berlimpah itu untuk menjadi sesuatu yang lain.

Saya pernah lihat salah satu tayangan tv bahwa sereh dapat mengusir nyamuk. Mencarinya data di internet akhirnya ketemua cara destilasi sereh supaya didapat minyak atsiri untuk bahan basic kosmetik serta bahan pengusir nyamuk ini. Namun proses destilasinya itu lho. untuk ukuran ibu rumah tangga, apa lagi proyek coba-coba, kayaknya tidak deh. Ya telah, saya putuskan untuk bereksperimen sendiri bikin minyak sereh dengan cara lain.

Caranya, saya ambil 50 batang sereh yang besar-besar, buang sisi daunnya, sisakan sisi putihnya saja. Bersihkan bersih, lalu geprek serta potong kecil-kecil. Dengan minyak sayur sejumlah 250 ml, sereh yang telah dipotong kecil-kecil dimasukkan ke dalamnya. Jerang diatas api yang paling kecil sekali. Tutup rapat. Kira-kira sesudah 1 1, 5 jam, angkat. Biarlah dingin. Lalu saring minyak untuk membersihkannya dari ampas sereh. Minyak yang telah disaring itu dapat dimasukkan ke dalam botol. Bila saya menggunakan botol bekas minyak gosok.

Hasil minyak sereh dari menggoreng batang sereh itu nyatanya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Memanglah durasi daya ampuhnya tak seperti lotion anti nyamuk yang banyak di jual, namun paling tidak aman untuk kulit, terlebih kulit anak-anak. Tidak cuma itu. Minyak sereh buatan saya ini nyatanya disenangi anak-anak. Baunya harum, kata mereka. Mereka tidak keberatan sebelum tidur saya olesi badan mereka dengan minyak ini. Begitupun untuk menolong melemaskan tubuh saat memijit, minyak sereh buatan sendiri ini sangatlah merasa menolong. Baunya yang harum seperti aroma minyak terapi. Beri kesegaran serta sekaligus menenangkan. Belum lagi rasa hangatnya yang pas.

Jadi, bila ada sereh tumbuh lebat di halaman rumah kita, coba manfaatkan jadi minyak sereh multi fungsi ini. Tak repot membuatnya, tetapi banyak gunanya. Silahkan mencoba
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment