TOLONG SEBAR LUASKAN JANGAN SAMPAI PUTUS DIKAMU SATU KIRIMAN SAJA KAMU BISA MENYELAMATKAN NYAWA SEMUA ORANG!! WASPADA, JIKA SALAH MENGOLAH REBUNG BISA BISA ANDA KERACUNAN SIANIDA!! BACA SELENGKAPNYA DISINI

AWAS! Hati-Hati Salah Mengolah Rebung Bisa Keracunan Sianida!
Rebung yaitu tunas muda bambu yang nampak di permukaan dasar rumpun Bambu. Rebung yang dalam bahas Inggris disebut Bamboo shoot ini biasanya jadikan bahan dasar pembuatan isi jajanan tradisional seperti Lumpia. Rebung dapat juga di proses jadi sayur rebung yang nikmat. Selain ke-2 masakan tadi rebung bahkan di proses menjadi keripik rebung, tepung rebung, cuka rebung serta lain sebagainya.

Rebung mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh, salah satunya karbohidrat, protein, serta 12 jenis asam amino yang penting untuk tubuh. Tetapi siapa kira Rebung ini juga dapat jadi petaka besar untuk kesehatan manusia.

Racun Rebung terdapat pada getahnya yang memiliki kandungan zat glucosida dengan kandungan toksin HCN (Cyanogenetic glucoside) yang diberi nama juga Linamarine (C10H17 O6N). Dengan adanya Glucosida ini naka semua type rebung mengandung racun HCN. Kadar HCN pada rebung ada yang tinggi serta ada yang rendah.

Ciri-ciri Rebung yang beracun yaitu rsa yang pahit, karena mengandung sianida yang tinggi. 

Kadar HCN pada rebung bisa di turunkan lewat cara dikukus, di rebus atau di rendam terlebih dulu di air, tetapi tak dapat menyingkirkan kadar keseluruhan HCN itu dalam rebung, karena glucosida fyang mengandung HCN pada rebung yaitu bahan padat yang tahan pada pemanasan sampai 140 derajat C.

FAKTA! Kadar HCN dapat bertambah atau menurun bergantung pada musim. Pada musim kering pertumbuhannya naik serta dengan bertambahnya umur rebung, jadi kadar asam sianida bakal makin meninggi.

Asam sianida larut di air. Ini tampak dari makin memudarnya warna rebung saat dicuci. Hal semacam ini membuktikan kalau kadar asam sianida tidak bisa di hilangkan sepenuhnya, namun bisa diatasi dengan perendaman, perebusan maupun cara ditumis.

Efek Keracunan Sianida pada Rebung yaitu mual, penyempitan kerongkongan, muntah serta sakit kepala.

Cara mencegah Keracunan Rebung 

Untuk mencegah keracunan dapat dengan cara buang kulit luar rebung, iris tipis, lalu di rebus dalam air mendidih sepanjang 2 jam (minimal 8-10 menit) dengan menambahkan sedikit garam. Pada sistem ini bisa kurangi kadar sianida kian lebih 50-90 %. Lalu airnya dibuang, sebelum di proses jadi makanan.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment