Buah Cermai Si Mungil, Rasanya Asam Tapi Mempunyai Manfaat Yang Sangat Wow Untuk Putihkan Kulit Hingga Bikin Langsing

Pernah memakan buah Cermai? Buah yang berbentuk sama bunga padat berwarna kuning keputihan ini terasa asam serta kecut. Bila tidak terbiasa serta tidak tahu khasiatnya, Anda juga bakal menyampaikan " Ih kecut. " Lalu membuangnya.

Buah yang masam ini di kenal juga dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bhs Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry serta sebagian sebutan yang lain. Nama ilmiahnya yaitu Phyllanthus acidus.

Dalam ensiklopedia bebas Wikipedia dijelaskan, pohon Cermai ini berbentuk kecil dengan ketinggian hingga 9 mtr., bercabang rendah serta renggang. Sekilas, pohon cermai bukanlah tak mirip dengan pohon belimbing wuluh.
Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai sampai 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan mirip lilin, berdiameter sampai 2, 5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam serta banyak berair, di tengahnya ada inti yang keras dengan 4-6 butir biji.

Kandungan Buah Cermai

Dilihat dari kandungannya, buah Cermai memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalisum, fosfor, zat besi, thiamin, serta ribloflavin dibagian dagingnya.

Sedang dibagian daunnya mengandung Saponin, Flavanoid, Tanin, serta Polifenol. Kemudian dibagian akarnya mengandung Saponin, Asam Galus, Zat Samak, serta Toksik.

Pohon cerme sering ditanam sebagai peneduh atau penghias halaman serta taman. Pohon ini bisa tumbuh di daerah tropis serta subtropis, menyukai tempat yang lembap sampai ketinggian sekitar 1. 000 m dpl. Cerme bisa dibiakkan lewat biji atau stek.

Manfaat untuk Kesehatan
Biasanya buah Cermai dijadikan manisan. Namun selain itu, buah yang asam ini pasti mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam laman faedah. com, setidaknya ada delapan faedah buah ini untuk kesehatan.

Mengobati Sembelit
Faedah buah cermai untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk menyembuhkan sembelit. Karena mengandung banyak Vitamin C, buah Cermai mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan serta menangani sembelit. Sama seperti buah bervitamin C yang lain, buah ini pas dikonsumsi untuk bersihkan usus.

Mengatasi Asma
Untuk pasien penyakit asma, kabar baik untuk anda. Karena buah Cermai nyatanya bisa mengobati penyakit asma. Langkahnya dengan merebuh potongan enam biji buah Cermai dengan sebagian gelas air. Tambahkanlah bawang merah, akar kara, lengkeng, serta sedikit gula sesuai selera. Minumlah hingga nafas terasa kembali pulih.

Memudahkan Kanker
Yang paling mengagumkan, buah Cermai juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kita terutama untuk pasien Kanker. Penyembuhan pada penyakit Kanker memang memakan biaya yang tidak sediki. Namun cobalah mengkonsumsi buah Cermai untuk memperoleh hasil yang cukup baik. Rebus buah Cermai dengan kombinasi daun Belimbing, Bidara Upas, Gadung Cing, serta gula. Kemudian minumlah.

Menyehatkan Kulit
Vitamin C yang terdapat pada buah Cermai memberi manfaat untuk kulit kita. Kulit bakal cerah, bersih, serta lembut. Vitamin C bertindak utama untuk masalah kesehatan kulit. Oleh karena itu cobalah konsumsi buah ini berbentuk apa pun karena Vitamin Cnya tinggi. Apa lagi untuk yang bermasalah dengan jerawat serta kulit kusam.

Sebagai Pelangsing
Karena memperlancar pencernaan, buah Cermai jadi buah yang bisa menolong melangsingkan tubuh. Tahukah anda bila makanan asam bisa bikin perut jadi singset? Nah, buah Cermai yang mempunyai rasa asam juga dapat bikin perut jadi lebih singset apabila dikonsumsi teratur. Ini karena di dukung pencernaan yang tertaur serta nafsu makan sedikit berkurang karena rasa asam di lidah.

Menambah Kekebalan Tubuh
Buah Cermai memiliki kandungan nutrisi yang bisa menambah kekebalan badan kita. Nutrisinya cukup juga sebagai penambah nutrisi rutin. Hal semacam ini juga karena adanya Flavanoid yang jadikan antioksidan. Namun janganlah juga berlebihan mengkonsumsinya.

Menyehatkan Tulang
Manfaat yang lain adalah buah Cermai bisa menyehatkan tulang. Kalsium serta zat besi yang terdapat pada buah ini bisa membantu menyehatkan tulang supaya selalu kuat serta tidak keropos. Tulang bakal lebih kuat.

Baik Untuk Pertubuhan
Buah Cermai jadi buah yang baik dikonsumsi serta tak menganggu pertumbuhan. Justru buah ini jadi buah yang baik untuk menolong perkembangan karena kandungan nutrisinya yang banyak.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment