MUNGKIN KALIAN BELUM BANYAK YANG MENGATHUI INI!!! AWAS, SEBAIKNYA KALIAN HINDARI MAKANAN INI KARNA BISA MENYEBABKAN PERUT ANDA KEMBUNG!! SHARE DAN BERITAHU YANG LAIN YA

penyebab perut kembung
Apakah Anda sering alami perut kembung, merasa penuh, sering bersendawa bahkan juga sering kentut akibat banyak gas dalam saluran pencernaan? Ini mungkin karena makanan yang Anda makan susah dicerna serta punya potensi menimbulkan banyak gas. Gas memanglah wajar timbul sebagai product sampingan dari makanan yang diolah serta biasanya gas ini di keluarkan melalui sendawa serta kentut yang sewajarnya. Akan tetapi bila Anda alami perut kembung akibat gas yang berlebihan hingga menyakitkan, jadi itu tak wajar serta Anda mesti memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu mari kita kenali makanan apa saja yang menjadi penyebabnya perut kembung karena ia menghasilkan gas yang berlebihan hingga kita bisa menghindarinya. Bagaimanakah Gas terbentuk dalam saluran cerna? Saat kita makan, system pencernaan bekerja untuk memecah makanan jadi energi yang bisa digunakan sebagai sumber energi untuk sel serta banyak sistem serta manfaat tubuh yang lain.

Namun ketika usus kita temukan makanan tertentu yang sangat sulit untuk diolah, jadi terbentuklah banyak limbah, serta gas adalah produk bekas saat makanan itu berlama-lama didalam usus. Hal semacam ini terjadi karena bagian makanan yg tidak dapat diolah itu bakal jalan ke usus besar, yang penuh dengan bakteri. Lalu bakteri di usus bakal memfermentasi partikel makanan, hingga terbentuklah gas yang menyebabkan perut kembung, sering bersendawa, serta sering kentut.

Gas juga bisa disebabkan oleh makanan pada usus kecil yg tidak dapat mengolah dengan baik karena tak mengandung enzim laktase yang cukup. Enzim ini memecah laktosa, gula yang ada didalam susu serta produk susu yang lain. Jika laktosa tidak bisa dipecah, bakteri mulai memfermentasi gula itu serta menyebabkan perut kembung.

Serta berikut makanan peyebab perut kembung yang perlu kita ketahui : 

- Susu serta product susu
- Makanan bertepung seperti kentang serta pasta
- Gandum serta oat bran
- Makanan manis dengan pemanis buatan, seperti soda, permen karet, serta permen - - ---Pisang, aprikot, pir, serta apel mentah
- Kismis serta melon
- Cola serta minuman buah manis dengan fruktosa
- Kacang serta lentil
- Bawang, paprika hijau, serta bawang merah
- Kembang kol, brokoli, kubis, serta kacang polong
- Jagung, seledri, asparagus, serta wortel

Tak semua makanan ini bisa memberi gas yang berlebihan, serta bahkan juga tiap-tiap orang mempunyai kemampuan mengolah makanan yang berbeda-beda. Umpamanya ada orang yang kembung lantaran minum susu sedang yang lain tak. Jadi cermati setiap makanan yang Anda makan sebelumnya saat saat ini Anda alami perut kembung. Butuh diingat juga kalau gas yang berlebihan dapat juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu, keadaan kesehatan (penyakit), serta menelan terlalu banyak udara saat mengunyah permen karet atau makan sangat cepat.

 Penyebab Perut Kembung serta Cara Mengatasinya Bagaimana caranya mengatasi perut kembung? 

Setelah Anda ketahui makanan mana yang menyebabkan perut Anda kembung, jadi telah waktunya untuk menghindarinya dalam menu makanan keseharian. Bila sekarang ini Anda tengah lakukan diet tertentu misalnya karena sembelit atau diet untuk turunkan berat tubuh supaya langsing dengan konsumsi makanan seperti diatas, jadi Anda tak mesti menyetopnya sama sekali. Namun makanlah makanan yang berserat itu dalam jumlah yang bertahap, sedikit-sedikit hingga batas kekuatan Anda. Bila cara ini belum juga sukses, jadi berkonsultasilah dengan dokter.

Serta apakah Anda menemukan makanan lain yang menyebabkan kembung selain daftar diatas? Silakan sebutkan di kolom komentar agar yang lain juga tahu. Mudah-mudahan berguna :)

Sumber : Mediskus. com
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment